Mengetahui Panitia Nasional Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter

Mengetahui Panitia Nasional Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter

UKMPPD atau Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Pekerjaan Dokter merupakan unsur yang betul-betul penting dalam menetapkan arah dari seorang calon dokter kedepannya. Untuk melaksanakan hal tersebut maka terdapat tokoh yang bekerja untuk melakukan persiapan khusus dalam pengerjaan kegiatan vital ini sebelum UKMPPD dikerjakan, yaitu PNUKMPPD.

 

Progres serta penentuan hasil dari para peserta calon dokter yang mengikuti UKMPPD ini betul-betul berpengaruh besar untuk hidup kedepannya dari tiap calon dokter di seluruh Indonesia. Dengan demikian dengan adanya ujian ini maka tidak ada ruang dan tempat kesalahan sekecil apa bahkan dan kekeliruan yang akan terjadi dalam wujud apa bahkan.

 

Dengan demikian maka menjadi beban tanggung jawab yang sangat besar bagi para tokoh pnukmppd ini. Lalu bagaimana hakekatnya pnukmppd ini. Mungkin untuk istilah Ukmppd telah tidak asing lagi bagi mereka yang bergelut dalam profesi kedokteran. Akan tapi bagaimana dengan istilah pnukmppd ini. Dan pun istilah ini tak pernah ada dalam benak beberapa masyarakat awam.

 

Pnukmppd ini yakni sebuah hal yang betul-betul penting dalam mempersiapkan diri dengan para peserta ukmppd dalam segala aspek mulai dari persiapan mental sampai persiapan materi. Tersebut terlibat menjadi komponen dari pnukmppd ini adalah sekelompok orang dimana secara khusus ditunjuk dalam merencanakan dan juga mengadakan ukmppd. Dalam mempersiapkannya juga perlu dilengkapi dengan banyaknya elemen-unsur sebagai penentu dalam penunjukan hal yang demikian. Institusi ini sebab tujuan dengan diadakannya ukmpld ini adalah demi meningkatkan kualitas dan juga mutu para mahasiswa program profesi dokter yang akan menyandang gelar dokter, demi meningkatkan mutu kwalitas seiring dengan berjalannya waktu.

 

Oleh karena itu maka tidak perlu dikhawatirkan mengenai pemilihan dari pnukmppd ini sebab akan berisi mengenai representasi dari Asosiasi Pendidikan Kedokteran Indonesia, serta perwakilan dari panitia lokal dari tiap Fakultas Kedokteran Pelaksana Uji Kompetensi. Lalu bagaimana dengan panitia lokal. Apakah termasuk dosen dari Fakultas Kedokteran yang akan menjadi pnukmppd ini. Betul sekali, sebab panitia ini dikoordinasikan oleh seorang Dekan dari Fakultas Kedokteran pada tiap perguruan tinggi yang akan menjadi pelaksana dalam ukmppd tersebut.

 

Disamping itu, pnukmppd ini juga mesti mempunyai kode etik tersendiri seperti layaknya panitia pada acara-acara lainnya atau beberapa besar dari profesi dari segala dunia. Panitia nasional dari ukmppd ini semestinya memiliki kode etik untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya berkaitan dengan progres pnukmppd ini.

 

Sehingga para mahasiswa calon dokter tidak perlu kuatir untuk semua kemungkinan yang akan diperlakukan secara sewenang-wenang dari pnukmppd sebab seluruh pihak yang akan terlibat menjadi bagian dari panitia nasional sebab patut terikat dan semestinya untuk patuh dengan kode etik yang sudah ditentukan, seperti kejujuran, kebenaran, integritas, keadilan, loyalitas, kehormatan, kebajikan, kerja sama, dan saling menghormati, serta independen untuk tak terlibat pada aktivitas yang sejenis seperti tuntunan belajar.